Cara Menonaktifkan Pembaruan Google Play Store Otomatis Ponsel Android

aplikasi Google Play Store telah muncul sebagai platform yang menawarkan berbagai pengalaman bagi pengguna Android populer, dengan total 2,59 juta aplikasi tersedia dalam laporan Statista. Tentunya dengan banyaknya jumlah tersebut, Anda dapat dengan mudah menemukan alat yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Alhasil, Google Play Store telah memainkan peran penting dalam memperluas fungsionalitas ponsel Android itu sendiri, menjadikannya bukan sekadar alat komunikasi.

Tentu saja, aplikasi di perangkat Anda harus diperbarui jika tersedia untuk memaksimalkan penggunaannya. Google sendiri sangat mengetahui pentingnya hal ini, oleh karena itu mereka menawarkan fitur update otomatis di Google Play Store. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan update terbaru secara otomatis. Secara default, fitur auto update ini hanya bisa bekerja saat ponsel Android Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi, sehingga juga bisa menghemat penggunaan internet Anda.

Namun, meskipun fitur ini dapat membantu pengguna untuk tidak memperbarui satu aplikasi secara manual dalam satu waktu, terkadang beberapa pengguna tidak ingin aplikasinya diperbarui, misalnya karena saat pembaruan, beberapa fitur hilang atau diubah. yang membuatmu tidak nyaman. Ini bisa menjadi masalah jika Anda menggunakan tampilan atau fungsi yang sudah ada. Pada artikel kali ini Teknologi.id akan menjelaskan cara menonaktifkan fitur auto update di Google Play Store dengan mudah, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut dilansir dari MakeUseOf.

1. Cara sederhana mematikan fitur update aplikasi otomatis di Google Play Store

Selain itu, mematikan fitur pembaruan otomatis aplikasi ini dapat sangat berguna bagi pengguna ponsel Android yang memiliki kemampuan keamanan terbatas. Ada kemungkinan saat aplikasi diperbarui, ukuran file bertambah karena penambahan baru. Nah, Anda dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah ini:

Buka aplikasi Google Play Store di ponsel Android Anda.
Selanjutnya, klik gambar profil Anda di sudut kanan atas layar. Pilih opsi “Pengaturan” dari menu yang muncul saat Anda mengklik gambar profil.

BACA JUGA:  Google Menyarankan Pengguna Android Menghapus 5 Jenis File Yang Penuhi Memori

Setelah terhubung, Anda dapat menemukan dan mengklik “Preferensi Jaringan”. Cari kolom “Otomatis” dan klik di atasnya.
Kemudian Anda dapat memilih “Jangan perbarui secara otomatis” agar fitur ini dinonaktifkan. Sekarang Anda dapat mengklik tombol “Jangan”.

2. Cara mudah menonaktifkan fitur pembaruan otomatis untuk beberapa aplikasi di Google Play Store

Adapun bagaimana Anda dapat melakukannya, jika Anda ingin menonaktifkan pembaruan otomatis hanya untuk beberapa aplikasi dan memungkinkannya berfungsi untuk aplikasi lain, Anda dapat mengikuti langkah-langkah ini:

Buka aplikasi Play Store dan ketuk gambar profil Anda di pojok kanan atas.
Selanjutnya, pilih “Kelola aplikasi dan perangkat” dari menu yang muncul. Klik tab “Kelola” untuk melihat semua aplikasi yang terpasang.

Dari sini, Anda dapat memilih aplikasi yang ingin dinonaktifkan pembaruan otomatisnya. Yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol tiga titik di sudut kanan atas layar detail aplikasi.

Hapus centang pada kotak di samping “Aktifkan pembaruan otomatis”. Kembali dan ulangi langkah-langkah ini untuk setiap aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan pembaruan otomatisnya.

Selesai. Dengan mengikuti langkah-langkah yang diberikan di atas, kini Anda dapat dengan mudah mengatur dan menghentikan fitur pembaruan aplikasi otomatis di ponsel Android sesuai kebutuhan Anda. Oleh karena itu, memungkinkan Anda untuk menggunakan jenis aplikasi yang Anda suka tanpa khawatir tentang perubahan. Selain itu, Anda juga dapat memilih untuk memperbarui aplikasi secara otomatis atau hanya beberapa aplikasi berdasarkan preferensi dan kebutuhan Anda.

Sebagai informasi, perlu diketahui juga bahwa penting untuk terus mengupdate aplikasi secara berkala untuk memastikan keamanan dan performanya tetap baik. Jadi, jika Anda menonaktifkan fitur pembaruan otomatis ini, pastikan untuk memeriksa pembaruan secara manual dari waktu ke waktu.