Betapa Sederhananya Mematikan Asisten Google di HP Android

aplikasi Google Assistant adalah asisten virtual yang merupakan salah satu fitur bawaan pada ponsel Android yang dapat membantu pengguna dalam berbagai hal seperti membuat dan mengirimkan pengingat kalender; mencari informasi di Internet, seperti mencari tempat, ramalan cuaca, dll. ; untuk membantu Anda memainkan musik yang Anda inginkan hanya dengan fungsi suara sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk mengetik. Kemampuan Google Assistant dapat memberikan pengalaman ponsel Android yang mudah dan nyaman dalam kehidupan sehari-hari. Meskipun fitur ini menyediakan banyak fitur andal, beberapa pengguna tidak menggunakannya atau sangat menginginkannya. Selain itu, terkadang ada pengguna yang mengaktifkan fitur ini secara tidak sengaja dan merasa dirugikan dengan kehadirannya. Dalam kasus seperti itu, menghapus Asisten Google mungkin merupakan pilihan yang tepat untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih sesuai dengan preferensinya.

Jadi, jika saat ini Anda tidak membutuhkan Google Assistant dan fitur-fiturnya, Anda harus tahu cara menonaktifkan Google Assistant di ponsel Android. Pada artikel kali ini Teknologi.id akan dengan mudah menjelaskan cara melakukannya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini seperti dilansir dari XDA Developers:

1. Cara menonaktifkan Google Assistant di ponsel Android

Buka aplikasi Google di ponsel Anda. Selanjutnya, klik gambar profil Anda di sudut kanan atas.
Menu tarik-turun akan muncul, pilih “Pengaturan”. Setelah itu, pilih “Asisten Google”.
Setelah itu, Anda dapat menggulir ke bagian “Semua Pengaturan” dan memilih menu “Umum”. Tekan tombol Bantuan Google hingga berwarna abu-abu, yang berarti fitur ini akan dinonaktifkan.

Ini adalah cara mudah untuk menonaktifkan fitur Google Assistant di ponsel Android. Selain itu, perubahan ini bersifat permanen secara lokal, yaitu hanya memengaruhi ponsel Android yang telah mengubah pengaturannya. Jika Anda ingin melakukannya lagi, ikuti proses yang sama. Namun, pada langkah terakhir, Anda perlu membuat tombol bantuan Google.

2. Cara Menonaktifkan Perintah Suara Asisten Google “Hei, Google” di Ponsel Android

Selain itu, jika Anda tetap ingin menggunakan Google Assistant karena fitur-fiturnya yang dapat membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari tetapi tidak bekerja secara otomatis, Anda dapat menonaktifkan fitur perintah suara dengan mudah. Berikut prosesnya:

BACA JUGA:  Cara Daftar Imei Iphone Anti Blokir Dan Hp Luar Negeri!

Buka aplikasi Google di ponsel Anda. Selanjutnya, klik gambar profil Anda di sudut kanan atas.
Kemudian menu drop-down akan muncul, pilih “Pengaturan”. Setelah itu, pilih “Asisten Google”.
Di bagian “Pengaturan”, Anda dapat memilih menu “Hai Google dan Voice Match”. Kemudian tekan tombol “Hey Google” hingga berkedip agar perintah suara dapat dimatikan.
Selesai. Saat Anda mematikan perintah suara, tentunya Anda masih bisa mengaktifkan Google Assistant dengan menekan ke atas dari kanan bawah atau kiri layar, atau dengan menekan lama tombol home, tergantung metode navigasi yang Anda pilih. Selain itu, jika Anda ingin mengaktifkan kembali perintah suara, ikuti langkah yang sama, tetapi tekan tombol “Hai Google” lagi.

 

3. Cara menonaktifkan Google Assistant di perangkat Google lainnya

Ternyata Google Assistant tidak hanya ada di HP Android, tapi juga di berbagai produk Google lainnya. Fitur ini ditemukan di smart TV; Kertas Chrome; dan speaker smart Google, Nest Mini, atau Nest Hub. Jika Anda ingin mematikan Asisten Google di perangkat ini, prosesnya mungkin berbeda, tetapi secara umum tidak ada bedanya dengan di ponsel Android. Untuk menonaktifkan perintah suara Google Assistant di perangkat ini, berikut langkah-langkah yang dilansir Pocket-lint:

Smart TV, untuk mematikan Google Assistant dilakukan dengan cara yang hampir sama seperti di ponsel Android.
Chromebook, Anda dapat menemukan tombol setelan di Setelan > Penelusuran & Asisten > Asisten Google. Speaker pintar Google, seperti Nest Mini atau Nest Hub, biasanya memiliki sakelar fisik di mikrofon yang dapat Anda gunakan untuk menonaktifkan perintah suara.

Dengan mematikan fitur Google Assistant, Anda dapat merasa tenang karena tidak akan ada lagi gangguan atau gerakan tiba-tiba saat menggunakan ponsel Android Anda. Selain itu, dengan mematikan fitur ini, Anda juga dapat menghemat baterai ponsel dan memperpanjang umurnya. Jadi jika Anda merasa Asisten Google tidak terlalu dibutuhkan dalam keseharian Anda, tidak ada salahnya untuk mematikannya.