Perbedaan Handpone Samsung Galaxy A54 5G dengan Samsung Galaxy A53 5G

Ponsel Samsung Galaxy A54 5G tidak jauh berbeda dengan Samsung Galaxy A53 5G yang merupakan model sebelumnya.Samsung Galaxy A54 5G, model terbaru perusahaan, secara resmi dirilis, mengikuti di belakang Samsung Galaxy A53 5G.

Perbedaan antara Samsung Galaxy A54 5G dan Samsung Galaxy A53 5G tidak terlalu besar dan banyak penggemar yang menyukainya.

Diantaranya, ada 2 perbedaan antara Samsung Galaxy A54 5G dan Samsung Galaxy A54 5G. 1. Kamera belakang berbeda

Seri Galaxy A memiliki desain yang sama mewahnya dengan ponsel kelas flagship. Sekilas, meski casing Samsung Galaxy A53 dan Galaxy A54 mirip dengan seri Galaxy S, namun tetap menggunakan polikarbonat, cover belakang seri A53 memiliki permukaan matte yang cantik saat bersentuhan dengan kulit.

Mengenai modul kamera, Samsung Galaxy A53 memiliki modul kamera melengkung yang menyatu dengan bodinya. Desain modul ini dikenal sebagai Ambient Edge. Selain casingnya yang premium, ponsel ini memiliki dimensi tipis 8.1mm dan bobot hanya 189g. Di sisi lain, Samsung Galaxy A54 memiliki bodi glossy dengan Corning Gorilla Glass 5 di bagian belakang yang dapat meninggalkan bekas sidik jari saat digunakan. Namun ponsel Samsung ini nyaman digenggam berkat desain bingkai logam yang sedikit melengkung di bagian samping. Jika dicermati, desain kamera belakang Galaxy A54 mirip dengan Samsung Galaxy S. Hanya saja, masing-masing sensor kamera dibuat berbeda. Kamera tampaknya dibangun seperti bagian yang tidak terpisahkan, memberikan kesan superior.

Pindah ke kamera depan, Samsung menggunakan desain kamera depan yang sama dengan bukaan (Infinity O Display) di kedua ponsel Android ini. Untuk utilitas yang lebih besar selama penggunaan sehari-hari, Samsung menawarkan suku cadang yang tepat untuk Galaxy A54 5G. Ponsel ini berukuran 158.2 x 76.7 x 8.2mm dan beratnya hanya 202g. Dari segi tombol dan port, Samsung masih menempatkan slot kartu SIM di samping port USB Type-C dan mikrofon. Sedangkan tombol power dan volume masih berada di sisi kanan. Pindah ke departemen sensor sidik jari, Samsung menggunakan sensor sidik jari di bawah layar pada Galaxy A53 dan A54. Slot ini memungkinkan ponsel dibuka dan dikunci dengan cepat dan mudah. Sayangnya, Samsung tidak menggunakan jack 3.5mm di kedua model ini.

BACA JUGA:  Smartphone Baru Infinix Note 30 Pro Telah Hadir Di Indonesia

Keunggulan kedua ponsel Samsung ini diperkuat dengan hadirnya perlindungan terhadap air dan debu dengan rating IP67. Hal ini memungkinkan penggunaan ponsel tanpa takut rusak. Samsung bahkan mengklaim kedua ponsel bisa terendam selama 30 menit di kedalaman 1 meter.

Layar merupakan salah satu bagian terpenting dari sebuah smartphone. Samsung pun mengetahui hal tersebut dengan memperkenalkan perubahan minor pada varian Samsung Galaxy A54 5G. Bahkan, layar Samsung Galaxy A53 5G terbilang sempurna untuk keseharian dan olahraga. Namun, ternyata ada sedikit perbedaan di antara kedua layar tersebut. Perbedaan pertama ada pada ukuran layar, Samsung A53 5G memiliki layar 6,5 inci dengan kerapatan piksel 405ppi. Samsung A54 5G, sementara itu, menggunakan layar yang lebih ringkas dengan kerapatan piksel 411ppi pada 6,4 inci. Terlepas dari ukurannya, kedua layar menggunakan kecepatan refresh 120Hz, yang bagus untuk bermain game dan penggunaan sehari-hari.

Kecepatan refresh 120Hz mungkin menjadi standar baru untuk ponsel baru di masa mendatang. Sayangnya, tidak ada yang berubah, sehingga layar tetap pada 120Hz, yang menyebabkan pengurasan baterai yang tidak perlu.

Kembali ke resolusi layar, Samsung Galaxy A53 dan Galaxy A54 menggunakan resolusi layar yang baik, yakni resolusi full HD (1080 x 2400 piksel), karena memang ditujukan untuk pengguna dengan budget rendah. Panel Super AMOLED digunakan di kedua model. Karena sudut pandang layar ini sangat luas, sangat cocok untuk bermain game dan menonton video.

Selain itu, Samsung menggunakan lapisan pelindung Corning Gorilla Glass 5 yang mencegah goresan. Lapisan ini harus cukup kuat untuk melindungi kaca layar dari goresan dan goresan. Ini meningkatkan kenyamanan menggunakan ponsel Anda di luar ruangan, dan Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda rusak saat terjatuh. Perbedaan berikutnya ada pada kecerahan layar, Samsung Galaxy A53 5G memiliki kecerahan 800 nits, sedangkan Galaxy A54 5G menawarkan kecerahan lebih tinggi yaitu 1000 nits. Menurut perusahaan, kecerahan ini memungkinkan layar digunakan secara efisien, bahkan di bawah sinar matahari langsung.