6 Hal yang harus Kamu Lakukan Jika HP kamu masuk ke Dalam Air

 Tips Dan Trik

ggg

Siponsel.com – Kecerobohan dalam menggunakan smartphone memang seringkali kita alami seperti ke kamar mandi membawa smartphone dan akhirnya smartphone jatuh di kamar mandi. Pada umumnya tidak semua smartphone yang dibekali dengan fitur tahan air . Smartphone yang tidak tahan air ini kebanyakan akan mati jika masuk ke dalam air. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan jika HP kamu masuk ke dalam air.

Beberapa hal ini dapat kamu lakukan ketika kamu mengalami masalah akibat smartphone terkena hujan atau masuk dalam kolam air. Dan seperti yang dilansir dari Sidomi.com, inilah dia 6 hal yang harus kamu lakukan jika hp kamu masuk ke dalam air.

1. Lepaskan casing ponsel dan apabila basah lap saja dengan kain lap lembut agar tidak memuat casing ponsel tergores dan lecet.

2. Pakai obeng buka bodi ponsel lalu pisahkan antara LCD, PCB, dan tulang tengah ponsel.

3. Bersihkan aksesoris ponsel seperti vibra, mic, speaker phone, LCD dengan hati-hati menggunakan lap lembut dan bersih.

4. Pada bagian PCB yang terdapat IC lakukan blower atau solder uap dengan ukuran udara 3 dan panaskan 3, ambil PCB lalu blower dengan posisi miring agar air yang ada di bagian bawah IC bisa keluar. Lakukan dengan sabar dan merata. Semprotkan cairan pembersih ke PCB mengenai kaki-kaki bagian bawah dan bila masih ada air maka akan menyingkir. Akhiri dengan blower.

5. Beri Siong K pada IC BGA di IC Power, Charging Audio serta pengontrol keypad. Pada bagian ini sering bermasalah dan selanjutnya panasi lagi dan biarkan Siong K meresap di kaki-kaki bawah sehingga bisa merekat dan menyekat agar tidak terjadi konsleting akibat air.

6. Biarkan minimal 1 – 2 hari hingga betul-betul telah terjadi netralisasi.

Nah, begitulah cara jika smartphone kamu terkena air. Selamat mencoba !