Tips Menjaga Keamanan Aplikasi Dropbox

 Hot

dropbox-box-leaking-sensitive-user-data

Siponsel.com – Aplikasi media penyimpanan seperti Dropbox ini banyak dikatakan media penyimpanan yang kurang aman. Aplikasi Dropbox yang seringkali digunakan sebagai media penyimpanan awan ini dikatakan mengalami sejumlah penurunan kinerjanya sehingga banyak pengguna yang ragu untuk menyimpan file rahasia mereka di dropbox tersebut. Namun, untuk mengatasi hal ini ada sejumlah tips yang dapat pengguna lakukan untuk menjaga keamanan file ketika disimpan menggunakan aplikasi dropbox tersebut.

Beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menjaga keamanan aplikasi dropbox ini diantaranya :

1. Otentikasi 2 langkah

Salah atu tips yang dapat pengguna lakukan untuk mengatasi masalah keamanan penyimpanan file pada dropbox ini diantaranya dengan melakukan otentikasi 2 langkah. Otentikasi 2 langkah ini maksudnya ketika kamu login maka diwajibkan untuk memasukan lebih dari satu password sehingga dengan 2 kali verifikasi sistem dropbox akan benar-benar mengenali pemilik asli dari akun. Dalam pengisian otentikasi ini nantinya pemilik akun akan mendapatkan sebuah kode verfiikasi  ke nomor telepon. Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan ketika melakukan otentikasi 2 langkah ini , yakni :

  • Log ini ke akun kamu secara normal
  • Klik pada nama akun  di sebelah kanan atas kemudian pilih settings
  • Klik opsi security tab
  • Pada bagian account sign in, pilihlah opsi enable pada pilihan two-step verication
  • Ikuti langkah-langkah selanjutnya hingga selesai

2. Aktifkan Email Notifications

Selain melakukan otentikasi 2 langkah , tips untuk menjaga keamanan aplikasi dropbox ini kamu perlu aktifkan email notification . Dengan mengaktifkan email notoficaton ini bertujuan untuk mencegah penyusup menghacker akun dropbox kamu. Sebab, setiap ada aplikasi ataupun perangkat yang terubung ke akun dropbox , pasti akan ada pemberitahuan dari akun email sehingga dapat mengetahui siapa saja yang terhubung ke akun dropbox yang kamu miliki.

3. Aktifkan Selective Sync

Menjaga keamanan file yang disimpan di aplikasi dropbox ini juga dapat dilakukan dengan mengaktifkan selective Sync . Cara ini dilakukan dengan tujuan mensinkronisasi folder rahasia tertentu yang pastinya akan tersimpan lebih aman.

3. Unlink Perangkat dan Aplikasi yang tidak Dikenal

Unlink perangkat ini maksudnya aplikasi dropbox akan berkerja dengan langsung mencatat  perangkat atau aplikasi mana saja yang terhubung ke akun kamu. Sehingga jika kamu merasa tidak mengenali akun tersebut, kamu akan langsung memutuskan hubungan dengan perangkat tersebut. demi mencegah berbagai macam hal yang tidak diinginkan.

4. Gunakan Aplikasi untuk Enkripsi Data

Untuk menjaga keamanan akun dropbox, langkah selanjutnya yakni dengan menggunakan aplikasi untuk mengenkripsi data. Aplikasi ini nantinya akan menenkripsi file yang akan diunggah sehingga tidak akan bisa terbaca oleh orang lain . Ada sejumlah aplikasi khusus yang dapat kamu gunakan untuk mengenskripsi data ini diantaranya seperti BoxCryptor, Viivo, TrueCrypt, dan lainnya.

5. Gunakan Password yang Sulit Ditebak

Tips terakhir untuk menjaga keamanan file yang disimpan di dropbox juga dapat dilakukan dengan kombinasi password rumit yang tidak mudah diketahui orang lain. Pengguna disarankan untuk membuat password unik yang terdiri dari kombinasi hurup, angka, maupun simbol , namun kamu jangan terlalu merumitkan diri sendiri. Buat lah password yang rumit tetapi mudah diingat untuk diri kamu.

Nah, itulah dia kelima tips menjaga keamanan aplikasi dropbox.