Tips Untuk Melindungi USB Flash Drive Agar Tidak Mudah Rusak

 Tips Dan Trik

usb

Siponsel.com – USB Flash Driver merupakan salah satu merupakan salah satu alat penyimpanan data yang paling penting. Dan saat ini hampir semua orang memilikinya. Data – data yang ada di dalam notebook dapat di pindahkan di USB driver ini.

Namun, dari sekian banyak yang memiliki USB flash Driver ini. Tidak semuanya dapat melakukan pemakaian secara benar. Baik mulai dari mencolokan hingga melepaskan dari notebook. Kesalahan kecil yang dilakukan terus menerus dapat berakibat buruk bagi data di dalamnya. Bahkan data di dalamnya bisa hilang dan USB Flash Driver yang kamu miliki pun bisa rusak.

Nah, untuk itu kamu perlu melakukan beberapa tips untuk melindungi USB Flash Driver agar tidak mudah rusak seperti yang dilansir dari Merdeka.com.

1. Pindahkan atau cabut flash drive dari PC atau Notebook dengan cara yang benar

Ketika kamu ingin memindahkan atau mencabut USB Flash drive ini . Kamu perlu menunggu hingga flash driver berhenti. Contohnya jika USB Flash driver ini sedang berkoneksi. Kamu perlu menghentikan koneksinya, lalu mengklik icon ‘Safely Remove Hardware’ yang ada pada bagian sistem. Jika sudah begini kamu boleh mencabut Flash driver dari PC kamu. Sebab, jika hal ini tidak dilakukan terlebih dahulu maka flash drive dicabut pada saat drive sedang bekerja (membaca atau menulis file), maka data yang terdapat di dalamnya dapat rusak dan bahkan hilang.
2. Tidak memaksakan untuk menghubungkan perangkat penyimpanan flash ke konektor

Ketika kamu mengalami kesulitan saat ingin mencolokan USB flash Driver ke PC maka jangan di paksakan. Sebab, bila hal ini dilakukan dapat merusak socket dan perangkat penyimpanan flash . Selain itut,  gunakan USB flash driver ini dalam kondisi satu arah.

3. Selalu lakukan backup terpisah untuk semua data

Jika kamu ingin menyimpan data di Flash Driver, usahakan untuk selalu backup di tempat lain. Sebab, USB Driver bisa saja terserang virus . Jika sudah begini, tidak menutup kemungkinan data yang kamu miliki bisa hilang. Untuk itu tetaplah melakukan backup di lokasi lain terhadap informasi penting yang kamu miliki.

Nah, itulah dia tips yang dapat kamu lakukan untuk melindungi USB Flash Driver agar tidak mudah rusak.