Nih Bedanya Root, ROM dan Custom ROM

 Tips Dan Trik

Root

Siponsel.com – Istilah Root , ROM dan Custom ROM ini seringkali kita temui bagi pengguna phablet berbasis Android. Namun, apakah kamu tahu apa maksud dari ketiga istilah tersebut  dan apa perbedaan antara Root , ROM dan custom ROM ini.

Agar kamu tidak bingung – bingung lagi, kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara Root , ROM dan Custom ROM serta menjelaskan arti dari istilah tersebut. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini :

1. Root

Root merupakan salah satu istilah yang mengartikan hak akses tertinggi atau sistem akun yang memberikan akses penuh terhadap sistem file perangkat Android. Dalam hal ini pengguna memiliki hak penuh untuk mengakses dan eksuksi file, aplikasi, dan semua bagian piranti lunak Android. Jika dillogika kan, root ini sama halnya gerbang awal bagi pengguna untuk mengakses semua aplikasi dari “permainan” berikutnya.

2. ROM

Istilah ROM ini merupakan singkatan dari Read Only Memory yang berguna untuk media penyimpanan file sistem yang data di dalamnya bersifat permanen dan tidak dapat hilang karena data di dalamnya tidak dapat diisi, di-edit atau dibuat melainkan hanya dapat dibaca .

Dalam kebijakan ROM ini pengguna hanya memiliki prosedur  flashing yang bisa dimengerti dengan membutuhkan pemahaman yang baik akan sistem operasi.

3. Custom ROM

Dan untuk istilah Custom ROM Ini merupakan modified os yang melibatkan pihak ketiga dalam memberikan hasil modifikasi terhadap sistem file firmware perangkat tertentu. Custom ROM ini sama dengan sistem Android mod (Android modification) yang memberikan kebebasan untuk setiap individu untuk memodifikasi sistem operasi android yang ia miliki.

Nah, itulah dia perbedaan antra Root, ROM dan Custom ROM. semoga bermanfaat !