Hati Hati! Virus Bisa Menyebar Lewat Wi-Fi

 Internet

wifi

Siponsel.com – Ini informasi buat kamu pengguna inernet untuk mengingatkan data keamanan dan perlindungan serangan virus. Karena baru – baru ini dikabarkan bahwa virus pada smartphone terus tumbuh dan perangkat lunak anti virus yang tidak efektif.

Bahkan, seperti kabar yang telah beredar, saat ini virus tidak hanya bisa menyerang melalui jalur email, web ataupun server. Melainkan virus juga dapat menyebar lewat jaringan Wi-Fi.

Para peneliti di Liverpool University telah berhasil menciptakan virus yang dapat menyebar lewat Wi-Fi seperti penyakit menular. Virus ini dijuluki `Chameleon` yakni sebuah virus yang dapat menyerang layaknya wabah flu dengan penyebaran bug di jalur AP yang padat.

Virus ini akan menyebar cepat melalui udara kemudian melintasi jaringan melalui Access Points (AP). Bahkan ancamannya, virus ini akan menyebar ke sektor rumahan dan perusahaan serta mampu mengidentifikasi area akses Wi-Fi yang tidak dilindungi oleh enkripsi dan password.

Seorang Profesor Keamanan Jaringan Liverpool University, Alan Marshall mengungkapkan “Ketika Chameleon menyerang sebuah AP, hal itu tidak mempengaruhi cara kerjanya, tetapi mampu mengumpulkan dan melaporkan data pengguna WiFi yang terhubung, lalu koneksi Wi-Fi akan semakin menjadi target para hacker karena sistem keamanannya mudah terdokumentasi dengan baik sehingga sulit untuk mendeteksi dan¬†menghindari serangan virus,” Ungkapnya seperti dikutip dari IT Pro Portal.

Untuk itu, agar smartphone dan perangkat lunak kamu tidak menjadi penyebabran virus – virus hacker ini. Kamu harus lebih berhati – hati dan identifikasi area akses Wi-Fi kamu dengan perlindungan enkripsi dan password.